Berpikir Pragmatis

SPAIN, SPANYOL, ESPANA
Berpikir Pragmatis


Siapapun penonton, pasti maunya kesebelasan yang dibelanya bermain cantik dan menghibur sebagai tontonan, dan hasil akhirnya adalah menang.

Tapi bagi sebagian tim, pilihan bermain PRAGMATIS, yang tak memperdulikan apakah permainannya indah atau menjemukan, yang penting menang, adalah sebuah keniscayaan.

Dalam bisnis properti, kita juga dihadapkan pada hal diatas. Yang penting LABA dahulu. Karena business is profit oriented. Soal apakah karya kita menjadi masterpiece atau bukan, itu adalah bonus.

Seorang owner proyek 40 ha di Semarang mengeluh kepada saya karena Direktur yang ditunjuknya berbangga bangga dengan sebuah award dari Institusi besar yang menganggap bahwa kualitas lingkungan proyek tersebut berkategori terbaik dan ramah lingkungan.

Tapi dalam hal investasi, sejak dikembangkan dengan modal belasan milyar 3 tahun yang lalu, belum ada 1 sen pun modal kembali. Semua masih digulung dan digulung. Jangankan laba, modal saja belum kembali.

Hehe ..., itulah perilaku dan paradigma dari seorang Pemodal. Kita semua mesti menghayati dan memahami pola pikir tersebut. Business is profit oriented.

Ayo berpikir PRAGMATIS. Pragmatis ala Spanyol yang mengalahkan Belanda tanpa peduli apakah diperoleh dengan permainan indah ataukah permainan menjemukan. Yang penting JUARA. Bermain indah adalah bonus. Karena yang dicatat sejarah adalah titel juaranya. Bukan permainan indahnya.

Populer

Efisiensi Biaya Cut and Fill

Budget Pembuatan Kolam Renang

Merintis Bisnis Properti Sebagai Pengembang

Melakukan Probing dalam Penjualan Properti

Menerapkan Ilmu Marketing Perumahan

Mitra Pemilik Tanah

4 Tahapan Siklus Hidup Produk

Berbagi Urusan Ijin

Buatlah PT Kosong

Memanfaatkan Momentum Lebaran