Differensiasi dalam Bisnis Properti
GAJAH MENARI
Differensiasi dalam Bisnis Properti
Differensiasi dalam Bisnis Properti
Ada email masuk;
Suhu AW kemarin dalam workshop mengatakan bahwa guna menciptakan 'keunggulan kompetitif' ada 3 jurus, yaitu; COST LEADERSHIP, FOCUS, DIFFERENT. Tolong jelaskan soal DIFFERENT lebih detail, terutama aplikasinya secara riil ya suhu ...
Saya kirim jawaban seperti ini;
Kalau mau DIFFERENT, ada 2 macam, yaitu; Differensiasi secara konseptual alias thematic saja. Sifatnya INTANGIBLE. Tak ada benefit secara langsung kepada konsumen. Tapi mempu menciptakan awareness yang lebih kuat saat launching.
Misal; Namai saja proyek anda GAJAH MENARI RESIDENCE. Disingkat GMR. Unik bukan? Bikin yang dengar akan nyengir kuda. Tapi percayalah nama itu langsung nyangkut di benak konsumen.
Apa filosofinya? Gajah adalah simbol binatang suci, simbol keagungan. Gajah juga simbol mahluk sosial, karena kemana mana selalu beriringan dengan kelompoknya. Tak ada gajah berkeliaran sendirian, karena mereka tidak individual.
Jika Gajah Duduk saja (merk sarung) sudah sukses, apalagi kalau gajahnya mau menari, hahaha .....
Yang kedua, dan mungkin ini yang akan mengena, berikanlah different yang memberi benefit (manfaat) langsung ke konsumen. Sifatnya TANGIBLE. Misal; jika di daerah anda tak ada perumahan mini cluster yang berani menyediakan kolam renang, maka saran saya berikan saja kolam renang untuk menjadi magnet.
Tidak mahal kok membangun kolam renang. Ini perinciannya;
- Kolam renang kedalaman 120 cm (incl water treatmentnya) = 6 x 15 x 2.500.000 = 225 juta
- Pool deck = 140 x 100.000 = 14 juta
- Ruang bilas dan ganti = 30 juta
- Pagar keliling dan lansekap = 50 juta.
TOTAL = 319 juta.
Jika luas lahan kita kisaran 2 ha, maka beban per m2 lahan efektif untuk membangun kolam renang ini kisaran 26.500/m2 saja. Tidak signifikan dibanding benefit yang diperoleh. Yang penting kita menciptakan DIFFERENT yang memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing.
Suhu AW kemarin dalam workshop mengatakan bahwa guna menciptakan 'keunggulan kompetitif' ada 3 jurus, yaitu; COST LEADERSHIP, FOCUS, DIFFERENT. Tolong jelaskan soal DIFFERENT lebih detail, terutama aplikasinya secara riil ya suhu ...
Saya kirim jawaban seperti ini;
Kalau mau DIFFERENT, ada 2 macam, yaitu; Differensiasi secara konseptual alias thematic saja. Sifatnya INTANGIBLE. Tak ada benefit secara langsung kepada konsumen. Tapi mempu menciptakan awareness yang lebih kuat saat launching.
Misal; Namai saja proyek anda GAJAH MENARI RESIDENCE. Disingkat GMR. Unik bukan? Bikin yang dengar akan nyengir kuda. Tapi percayalah nama itu langsung nyangkut di benak konsumen.
Apa filosofinya? Gajah adalah simbol binatang suci, simbol keagungan. Gajah juga simbol mahluk sosial, karena kemana mana selalu beriringan dengan kelompoknya. Tak ada gajah berkeliaran sendirian, karena mereka tidak individual.
Jika Gajah Duduk saja (merk sarung) sudah sukses, apalagi kalau gajahnya mau menari, hahaha .....
Yang kedua, dan mungkin ini yang akan mengena, berikanlah different yang memberi benefit (manfaat) langsung ke konsumen. Sifatnya TANGIBLE. Misal; jika di daerah anda tak ada perumahan mini cluster yang berani menyediakan kolam renang, maka saran saya berikan saja kolam renang untuk menjadi magnet.
Tidak mahal kok membangun kolam renang. Ini perinciannya;
- Kolam renang kedalaman 120 cm (incl water treatmentnya) = 6 x 15 x 2.500.000 = 225 juta
- Pool deck = 140 x 100.000 = 14 juta
- Ruang bilas dan ganti = 30 juta
- Pagar keliling dan lansekap = 50 juta.
TOTAL = 319 juta.
Jika luas lahan kita kisaran 2 ha, maka beban per m2 lahan efektif untuk membangun kolam renang ini kisaran 26.500/m2 saja. Tidak signifikan dibanding benefit yang diperoleh. Yang penting kita menciptakan DIFFERENT yang memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing.