Humor Redenominasi


NOL NYA MENGGELINDING
Humor Redenominasi


Seorang calon MPT melalui japri mengirim pesan;

Bos AW, kudengar punya banyak network di bisnis properti. Ini ada lahan bagus banget, bentuk memanjang berhimpit jalan raya sepanjang 80 m. Kedalaman antara 24 s/d 30 m. Mungkin bisa jadi ruko kisaran 20 pintu. Lokasi tak jauh dari alun-alun Kota MAGELANG. Harga Rp 200.000/m2.

Tak perlu bayar DP apapun, terjual baru bayar saja. Lalu di akhir proyek saya minta diberi bagian profit 35%. Lahan boleh diagunkan ke bank untuk kredit konstruksi.

Wah, sebuah penawaran yang bagus juga. Saya akan umumkan di milist dan juga blog, siapa tahu ada calon MPK dan MPM yang berminat menggarap proyek di Kota MAGELANG. Nanti biar berunding langsung deh.

Tapi tiba-tiba saya berpikir, mana ada lahan tepi jalan bisa buat ruko, kok harganya cuma 200.000/m2. Setengah tak percaya saya mencoba konfirmasi; Ini benar harga lahan Rp 200.000/m2??

Setengah tertawa MPT itu berkata; Betul bos, tapi itu harga transaksi setelah dilakukan kebijakan REDENOMINASI oleh BI nanti. Jadi harga sebenarnya Rp 2 juta/m2. Nol nya nggelinding 1. Kata pejabat BI, nanti akan dilakukan penetapan ulang denominasi nilai Rupiah, dengan menghilangkan 1 nol, 2 nol, atau 3 nol. Akan dikaji ulang supaya kebijakannya tepat. Kalau sign MoU sekarang dihargai Rp 2 juta/m2, kalau sign MoU setelah REDENOMINASI, dihargai Rp 200.000/m2.

Asem tenan, dikerjai nih. MPT bikin joke soal Redenominasi. Giliran saya tanya; Luasan sesuai sertifikat berapa ya?

Dia jawab; Luas 2.100 m2.

Oke, saya bayar sekarang saja deh, dengan asumsi sudah diberlakukan kebijakan Redenominasi. Luas 2.100 m2 setelah kebijakan berlaku, 2 nol dianggap tidak berlaku, jadi luas lahan cuma 21 m2 x 200.000 = 4.200.000. Nol nya menggelinding masuk got.

Minta no rekening bank nya ya. Saya bayar lunas sekarang ..., kata saya. Kena deh !!


Populer

Efisiensi Biaya Cut and Fill

Budget Pembuatan Kolam Renang

Merintis Bisnis Properti Sebagai Pengembang

Melakukan Probing dalam Penjualan Properti

Menerapkan Ilmu Marketing Perumahan

Mitra Pemilik Tanah

4 Tahapan Siklus Hidup Produk

Berbagi Urusan Ijin

Buatlah PT Kosong

Memanfaatkan Momentum Lebaran